Selamat Hari Batik Nasional 2015

Selamat Hari Batik Nasional, Indonesia!

Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional karena bertepatan dengan dikukuhkannya budaya batik oleh Badan PBB UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) pada tanggal 2 Oktober 2009. UNESCO mendeklarasikan bahwa Batik adalah warisan budaya dunia tak benda yang berasal dari Indonesia. Dengan adanya pengakuan dari UNESCO yang mewakili masyarakat dunia, Indonesia diharapkan dapat terus melestarikan kebudayaan batik agar tidak punah. Oleh karena itu, UNESCO memutuskan apabila dalam jangka waktu tiga tahun kedepan, terhitung dari tahun 2009, Indonesia tidak memiliki generasi pembatik, maka pengakuan tersebut akan dicabut kembali dan akan diberikan kepada Negara lain yang masih memiliki pembatik. Syukur, Alhamdulillah hingga tahun ke-enam di Indonesia masih ada pembatik dan bahkan banyak generasi muda yang mulai mempelajari batik. Sehingga pengakuan tersebut tidak dicabut kembali.

Bertambahnya antusias bangsa Indonesia terhadap batik membuktikan bahwa warisan budaya dunia akan selalu ada secara turun temurun. Akan tetapi, warisan yang dimaksud bukanlah warisan benda atau sehelai kain batiknya, melainkan yang diwariskan adalah proses atau tahapan dari pembuatan batik itu sendiri. Itulah arti warisan budaya tak benda yang dimaksud dalam pernyataan UNESCO.

Mempelajari atau sekedar mengetahui cara pembuatan batik merupakan langkah bagi kita untuk mengupayakan pelestarian kebudayaan batik di Indonesia. Salah satunya adalah kegiatan karya wisata yang sering diadakan oleh satuan pendidikan pun merupakan langkah awal untuk menanamkan kecintaan generasi muda pada kearifan budaya lokal, dalam hal ini adalah batik. Meski demikian, pelestarian budaya batik juga dapat kita upayakan dengan cara membeli produk batik dan mengenakan baju batik yang dibuat oleh tangan-tangan terampil pengrajin batik di Indonesia. Ada beragam cara untuk terus mewariskan budaya batik kepada generasi muda secara turun temurun. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Katura A.R., “Cintailah Batik dengan cara memulai untuk memakainya.”  kutipan tersebut merupakan sebuah ajakan sederhana agar kita sebagai bangsa Indonesia tidak melupakan batik sebagai identitas kebudayaan bangsa yang sangat khas. Dengan adanya Hari Batik Nasional, bangsa Indonesia akan menjadi semakin bangga mengenakan baju batik dalam setiap kesempatan, baik untuk acara formal maupun informal.

-Lestari Batikku, Bangga Indonesiaku-

Mari meriahkan Hari Batik Nasional dengan mengenakan pakaian batik favoritmu!

Selamat Hari Batik Nasional, Indonesia! 🙂

Sharing is fun...
Pin It
Search: Lukisan kaca, logo batik, contoh lukisan kaca, logo motif batik, melukis dengan teknik intersia, logo canting batik, contoh karya ragam ilmiah dengan judul hari batik, karagan tentang hari batik, Gambar membuat lukisan intersia, Foto lukisan

About Septi

Ordinary girl who loves Batik and Culture.

3 comments

  1. terima kasih atas informasinya min..

  2. silahkan admin batik katura..
    kalau mau pesan Canting batik tulis bisa hubungi no WA 08816512457

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *