Batik Taman Arum Sunyaragi

Batik Keratonan: Motif Batik Taman Arum Sunyaragi

Setiap daerah sentra batik yang ada di Indonesia memiliki kategori batik sesuai dengan karakteristik wilayah dan ciri khas daerah masing-masing. Apa saja sih kategori batik itu sendiri? Kategori batik di Indonesia terbagi menjadi dua kategori berdasarkan motif dan warna. Pertama, kategori batik Keratonan yang motifnya memakai ornamen-ornamen yang ada di keraton, baik benda maupun situs-situs yang ada di keraton seperti Kereta Kencana, simbol Kesultanan(Macan Ali-Keraton Kasepuhan Cirebon), wadasan(batu cadas), keris, dan sebagainya. Selain motifnya yang diadaptasi dari benda dan situs yang ada di keraton, batik Keratonan memiliki warna yang lembut seperti coklat, krem, hitam, dan soga. Kedua, kategori batik Pesisiran. Motif batik Pesisiran diilhami oleh flora dan fauna, baik yang ada di darat, laut, maupun udara. Misalnya, flora yaitu bunga-bunga, daun, pohon, ganggang, dan tumbuhan lainnya, serta fauna seperti burung, ikan, kancil, rusa, kucing, dan lain-lain. Warna dari batik Pesisiran ini cenderung memiliki warna yang terang seperti merah, biru, hijau, kuning, dan lain-lain.

Batik Cirebon memiliki kedua kategori batik tersebut karena ada 4 Keraton di Cirebon (Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keprabonan, dan Kacirebonan) dan daerah Cirebon memiliki pesisir yang digunakan sebagai jalur perdagangan (pelabuhan). Oleh karena itu, salah satu keistimewaan batik Cirebon adalah kaya akan keragaman motifnya daripada daerah sentra batik lainnya. Mungkin, motif batik Cirebonan yang paling sering Anda dengar dan terkenal adalah motif Mega Mendung. Namun, sebenernya batik Cirebon memiliki sekitar 400-an motif batik, baik kategori batik Keratonan maupun batik Pesisiran. Salah satu motif batik Keratonan adalah motif Taman Arum Sunyaragi.

Motif Taman Arum Sunyaragi
Motif Taman Arum Sunyaragi

Motif batik Taman Arum Sunyaragi berkisah tentang kawasan taman yang masih berhubungan dengan Keraton. Konon, taman ini dulunya digunakan oleh para Sultan untuk bertapa dan merelaksasikan jiwa. Taman Arum berarti taman yang harum dan asri. Nama dari taman tersebut adalah Goa Sunyaragi (Sunya= Sunyi/sepi; Ragi=Raga). Dalam motif Taman Arum Sunyaragi ini digambarkan jelas lingkungan Taman Sunyaragi dengan segala aktivitas flora dan faunanya. Meskipun motif batik ini terdapat flora dan fauna, akan tetapi motif ini tetap termasuk dalam kategori batik Keratonan karena Taman Arum Sunyaragi merupakan situs yang masih berhubungan dengan keraton. Pakem warna dari motif batik ini layaknya karakteristik warna pada kategori batik Keratonan, yaitu coklat, krem, dan hitam. Namun, seiring dengan perkembangan zaman maka motif Taman Arum Sunyaragi dapat dimodifikasi sesuai selera, misalnya menjadi warna biru ataupun warna lain.

Sharing is fun...
Pin It
Search: motif batik cirebon, motif batik, batik cirebon, motif batik kategori apa, pengerrian taman arum

About Septi

Ordinary girl who loves Batik and Culture.

2 comments

  1. kalau mau motret pengrajin batik di batik katura prosedurnya gimana ya?? lalu biayanya berapa??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *