HARIBATIKNAS

Selamat Hari Batik Nasional 2017

Batik adalah Warisan Budaya Dunia Non-Benda yang Berasal Asli dari Indonesia. (UNESCO, 2009)

Pengukuhan yang telah dideklarasikan oleh Badan Peserikatan Bangsa-Bangsa yang bertugas menangani masalah Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan 8 tahun lalu memberikan banyak ruang bagi para pelestari batik. Karena selain menjadi komoditi daerah yang potensial, bagi para pelestari batik juga merasa perlu untuk melakukan regenerasi agar kebudayaan dan kerajinan batik tidak punah. Pelestarian batik bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti memperkenalkan batik kepada generasi penerus dan khayalak umum.Kemudian langkah selanjutnya adalah membiasakan warga Indonesia untuk melihat dan mengetahui batik dalam kesehariannya. Dengan demikian, kita sebagai warga negara Indonesia bisa menanamkan rasa memiliki dan bangga akan kebudayaan kita sendiri yaitu batik, sehingga tak hanya merasa cinta saja terhadap kebudayaan batik, akan tetapi juga bisa memiliki batik baik dari produknya maupun pengetahuan atau informasi mengenai batik tersebut. Seperti yang disampaikan Bapak Katura, “Cintailah Batik dengan cara memulai untuk memakainya.”(2012)

Pengenalan akan kebudayaan batik memang sangat penting untuk disampaikan kepada khalayak luas. Melalui pendidikan dan pelatihan mengenai batik di sekolah, sentra batik, maupun media sosial yang merupakan wadah dan media untuk menyampaikan serta mendapatkan pengetahuan atau informasi seputar batik sehingga memberikan pengetahuan yang lebih luas mengenai batik agar masyarakat mengetahui serta memahami bahwa kebudayaan batik memang perlu dilestarikan. Pelestarian kebudayaan batik bisa juga dilakukan dengan pembiasaan melihat lingkungan sekitar yang memakai batik dan sedang membuat batik; mendengar berbagai macam informasi atau ilmu pengetahuan mengenai batik dan proses pembuatannya; serta merasakan untuk mengenakan batik dan mencoba untuk membuat batik sendiri. Dengan demikian, kebudayaan batik akan menjadi identitas yang melekat pada setiap warga Indonesia.

Mulai saat ini (2 Oktober), bukan hanya pengrajin dan praktisi batik saja yang memegang andil untuk pelestarian kebudayaan batik, ya. Akan tetapi, kita sebagai generasi penerus juga bisa ikut serta dalam melaksanakan tugas pelestarian kebudayaan batik, lho!

Yuk, kawan-kawan ikutsertakan diri sebagai Pelestari Batik dengan cara yang sederhana!

Segenap Keluarga Besar Sanggar Batik Katura mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional 2017

Salam,

Lestari Tradisi Batikku!

Sharing is fun...
Pin It
Search: alat membatik, Batik hewan dan tumbuhan

About Septi

Ordinary girl who loves Batik and Culture.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *