Perbedaan antara batik tulis, batik cap dan batik printing

Jan 10, 2011 2 Comments by

- Batik Tulis : antara ornamen yang satu dengan ornamen lainnya agak berbeda walaupun bentuknya sama. Bentuk isen-isen relatif rapat, rapih, dan tidak kaku.

- Batik Cap : antara ornamen yang satu dengan ornamen lainnya pasti sama, namun bentuk isen-isen tidak rapi, agak renggang dan agak kaku. Apabila isen-isen agak rapat maka akan terjadi mbeleber (goresan yang satu dan yang lainnya menyatu, sehingga kelihatan kasar).

- Batik Printing : ornamen bisa sama, bisa tidak, karena tergantung desain batik yang akan ditiru, karena batik printing biasanya meniru batik yang sudah ada, namun yang perlu diketahui tentang warna. Warna batik printing kebanyakan tidak tembus karena proses pewarnaannya satu muka saja.

Perbedaan Proses Pembuatan Jenis Batik Berdasarkan Cara membuat

1. Batik tulis

semua proses dikerjakan secara manual, satu per satu, dengan canting, lilin malam, kain, dan pewarna.

2. Batik cap

digunakan alat cap atau stempel yang telah terpola batik. Stempel tersebut diceupkan ke dalam lilin panas, kemudian ditekan atau dicapkan pada kain. Proses ini memakan waktu yang lebih cepat disbanding pada proses batik tulis, karena pada batik tulis pola tersebut harus dilukis titik demi titik dengan canting, sedangkan pada batik cap dengan sekali tekan anda dapat menyelesaikannya.

3. Batik printing atau sablon

pada proses batik ini, pola telah diprint di atas alat sablon, sehingga pembatikan dan pewarnaan bias dilakukan secara langsung. Jadi, proses batik dapat diselesaikan tanpa menggunakan lilin malam serta canting. Dengan demikian, proses hanya akan dan tentu saja memerlukan waktu yang lebih cepat disbanding pada proses batik tulis dan batik cap.

Kata Kunci Artikel:

pengertian batik tulis, pengertian batik printing, batik printing, perbedaan batik tulis dan batik cap, pengertian batik cap, MACAM-MACAM batik, pengertian batik lukis, macam macam batik, perbedaan batik tulis dan batik printing, batik cap, pengertian batik tulis dan batik cap, pengertian batik cetak, alat dan bahan batik cap, cara membuat batik cap, perbedaan batik cap dan batik tulis, alat dan bahan membuat batik cap, proses pembuatan batik cap, BATIK SABLOn, isen-isen batik, makalah batik, pengertian batik sablon, alat membuat batik, beda batik tulis dan batik cap, alat dan bahan batik printing, batik tulis dan batik cap, jenis batik berdasarkan cara membuatnya, definisi batik cap, isen isen batik, jenis-jenis batik berdasarkan cara membuatnya, alat batik tulis
Articles

About the author

Muha: Menulis di IDBrains.Com dan Just Muha sebagai kesibukan sehari-hari. Contact: muha@sanggarbatikkatura.com.

2 Responses to “Perbedaan antara batik tulis, batik cap dan batik printing”

  1. Batik Tulis says:

    Sangat jelas sekali perbedaan antara batik tulis, cap dan printing. Tinggal bagaimana kita mau memilihnya. Namun pendapat saya tentang batik, batik tulis lebih berseni dan jelas lebih mahal dari batik lainnya. Karena dikerjakan dengan tangan bukan oleh mesin atau alat cetak lainnya dan ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk satu kain saja. Oleh karena itu batik tulis sangat terkenal di masyarakat.

    Disamping itu, penjualan batik online saat ini sudah sangat marak beredar di internet. Tentu dengan ini batik tulis akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat bahkan oleh seluru dunia. Kita tinggal browsing di internet tentang batik tulis indonesia dan tinggal memesannya sesuai motif yang kita inginkan. Maju terus batik Indonesia.

  2. Batik vs Gadget | Teh anget tanpa gula says:

    [...] Untuk orang-orang jenis pertama di atas, biarlah mereka lebih memilih gengsi dengan gadget bagus. Mungkin nanti ada saat teman-teman di lingkungan mereka heboh pakai batik bermerek yang mahal, barulah mereka kebakaran jenggot mencari batik serupa. Nah, untuk orang yang belum tahu gimana cari batik yang dibuat oleh perajin dan UKM, gak ada salahnya kan, browsing-browsing dikit? (bisa dimulai dengan artikel ini dan ini) [...]

Leave a Reply