Motif Batik Secara Umum

Batik terdiri dari berbagai motif. Namun secara umum, motif batik terdiri dari dua jenis, yaitu motif geometris dan nongeometris. Motif geometris adalah motif berbentuk garis-garis. Termasuk ke dalam motif ini adalah batik kawung, parang, dan panji. Batik geometris melambangkan birokrasi pada pemerintahan, dari raja sampai dengan rakyat, atau “manunggaling kawula gusti”. Sedangkan motif nongeometris contohnya adalah batik semen, yaitu batik yang bergambar binatang, tumbuh-tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya. Batik semen melambangkan sesuatu yang tumbuh. Mereka yang mengenakan batik ini mempunyai harapan semua kebutuhan hidupnya akan tercukupi.

Selain itu, motif batik juga dibedakan dalam figurative, semi figurative, dan nonfigurative. Bahkan motif batik juga dibedakan berdasarkan nama pembuat motifnya.

Sedangkan berdasarkan namanya, terdapat sembilan kelompok batik yaitu sebagai berikut.

1. Lereng

2. Semen

3. Parang

4. Truntum

5. Kawung

6. Gringsing

7. Ceplok

8. Nitik

9. Pinggiran

Batik juga dibedakan berdasarkan warna, yaitu:

1. Bambangan (merah)

2. Bangjo (merah-hijau)

3. Kelengan (ungu)

Sharing is fun...
Pin It
Search: tuliskan perbedaan antara motif geometris dan nongeometris!, contoh batik figuratif, motif batik non geometri, motif batik geometris non geometris dan makhluk hidup, membatik figuratif, Jelaskan makna motif batik figuratif dan semi figuratif, gambar semi figuratif tumbuhan, contoh motif geometris dan nongeometris, contoh batik non geometris, contoh batik motif non geometris

About Muha

Batik lover, sometimes writes post at justmuha.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *