Motif Batik Pesisiran : Ganggeng

Apr 02, 2012 4 Comments by

Motif batik pesisiran banyak dijumpai di daerah pesisir/pantai seperti madura, pekalongan, indramayu, dan sebagainya. Masing-masing daerah membawa ciri khas dalam motif batiknya. Lain halnya dengan Batik Keratonan yang hanya dijumpai di daerah- daerah tertentu yang memiliki Keraton seperti, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan sebagainya. Secara umum, motif batik memiliki 2 kategori, yaitu:

  1. Batik Keratonan, yang motifnya diadopsi dari ornamen-ornamen dan situsĀ  yang berada di daerah keraton. Batik ini di dominasi oleh warna coklat/soga, hitam, dan krem.
  2. Batik Pesisiran, motif batik pesisiran menggunakan flora dan fauna baik dari darat maupun laut dan warnanya cenderung terang serta berwarna-warni.

Motif Batik Pesisiran : Ganggeng

Daerah pengrajin batik yang memiliki 2 kategori tersebut adalah Cirebon. Cirebon memiliki 4 Keraton (Kasepuhan, Kanoman, Keprabonan, dan Kecerbonan) dan juga Cirebon memiliki pelabuhan sehingga Cirebon memiliki Batik Pesisiran. Beberapa motif batik pesisiran adalah Ganggeng, Taman Arum, Taman Laut, Pohon Kehidupan, Piring Selampad, Kelapa Setundun, Mawar Sepasang, dan lain-lain. Setiap motif yang diciptakan memiliki makna/arti/ filosofi tersendiri. Sebagian besar filosofi tersebut akan kembali ditujukanĀ  untuk manusia sebagai cermin kehidupan. Contohnya, motif ganggeng yang termasuk ke dalam jenis batik pesisiran. Ganggeng sendiri memiliki arti yaitu ganggang laut (alga), dalam batik ini mengandung filsafah yang mana tumbuhan ganggang yang lemah lembut di dalam air berperan untuk melindungi hewan-hewan kecil laut dari predator dan penunjang kehidupan sebagai bahan pangan manusia (ikan). Maknanya bahwa dalam kehidupan kita berlaku lemah lembut bukan berarti lemah akan tetapi kita juga bisa melindungi dan berguna bagi orang lain. Sehingga orang lain akan merasa nyaman dengan adanya saling membantu dan tolong menolong dalam kebaikan Karena “Sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain“. Sekarang kita telah mengetahui bahwa batik memiliki makna dalam setiap ceritanya. Seperti Motif batik pesisiran, batik ganggeng.

Kata Kunci Artikel:

batik pesisiran, motif batik pekalongan dan penjelasannya, motif batik pesisiran, motif batik solo dan penjelasannya, pengertian motif batik, motif batik madura dan penjelasannya, motif batik pekalongan, makna motif batik, motif batik pekalongan dan maknanya, motif batik nusantara dan penjelasannya, motif batik pekalongan dan keterangannya, arti motif batik, motif batik madura dan keterangannya, motif ganggeng, vektor batik, motif batik flora, batik nusantara dan penjelasannya, motif batik madura, motif batik ganggeng, filosofi motif batik pekalongan, GAMBAR BATIK, motif batik indonesia, makna motif batik madura, motif batik pekalongan dan filosofinya, batik ganggeng, corak batik, batik nusantara dan keterangannya, makna motif batik pekalongan, batik pekalongan dan keterangannya, motif pesisiran
Articles, Featured, Lesson

About the author

Pecinta Batik Indonesia

4 Responses to “Motif Batik Pesisiran : Ganggeng”

  1. charli faurozi says:

    Batik Ganggeng selain bermakna filosofis pemrosesanya rumit dan memakan waktu yang lama.

  2. Kain Batik says:

    KEREN banget gan motif batiknya.. pantesan saja prosesnya rumit dan memakan waktu yang lama. makasih juga ya buat infonya. terus berkarya dan sukses selalu.. :)

  3. azizah says:

    like this,,,Sudah sepantasnya perbatikan di indonesia ini di jaga dan di lestarikan… salam batik

  4. Septi says:

    Ya, terima kasih.

    Sebenarnya foto batik tersebut diambil saat belum selesai jadi masi harus 1 kali proses kembali. Miliki dan pakailah bukan hanya sekedar mencintai batik sebagai warisan budaya Indonesia

Leave a Reply