Definisi Batik Secara Umum

Aug 30, 2012 3 Comments by

Di Indonesia batik dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit, kemudian menyebar ke kerajaan-kerajaan lain dan diturunkan kepada generasi raja-raja selanjutnya. Pada awalnya, batik yang dikenal adalah batik tulis. Batik tersebut dibuat dengan bahan dasar kain yang pada awalnya juga ditenun sendiri. Bahan-bahan pewarna yang digunakan adalah bahan pewarna yang diambil dari alam di daerah setempat (pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dsb). Proses pembuatan batik ini sangat lama, memakan waktu paling cepat dua minggu jika cuaca bagus dan pembatik sudah profesional.

Batik mulai dikenal dan digunakan oleh masyarakat umum pada awal abad ke-19. semua jenis batik yang dikenal masih berupa batik tulis. Setelah tahun 1920 M, mulai dikenal batik cap (batik cetak). Waktu yang dibutuhkan untuk membuat batik cetak lebih cepat. Dalam waktu satu minggu seorang pembatik dapat menyelesaikan batiknya.

Pada awal abad ke-20 dikenal mori import dan obat-obat pewarna import, usaha-usaha batik semakin berkembang.

Seni batik masih terus berkembang sampai saat ini. Daerah-daerah penghasil batikpun semakin banyak dengan berbagai jenis batik, baik batik tulis, batik cap, maupun batik printing.

Batik merupakan lukisan di atas kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Pada awalnya, batik hanya dikenal oleh kalangan keraton. Batik terdiri dari berbagai motif dan setiap motif merupakan simbol bagi pemakainya, seperti motif-motif parang dan kawung yang hanya boleh dikenakan oleh keluarga kerajaan. Pada perkembangannya, batik menyebar ke kalangan masyarakat umum.

Search: definisi batik, pengertian batik secara umum, deskripsi tentang batik, definisi membatik, deskripsi batik, pengertian batik, pengertian membatik secara umum, devinisi umum tentang batik, konsep membatik, definisi batik secara motif
Articles

About the author

Batik lover, sometimes writes post at elmuha's blog

3 Responses to “Definisi Batik Secara Umum”

  1. Yovita Adriani says:

    Saya sempat berkunjung ke workshop Batik Katura, dan kagum terhadap kekayaan luhur bangsa yang satu ini. Ingin berterimakasih juga kepada Bapak Katura karena sudah diijinkan untuk menengok workshopnya dan mengambil beberapa foto. Koleksi batiknya sangat halus dan indah, salut buat Bapak Katura yang telah dengan serius menggeluti dan melestarikan seni leluhur bangsa ini dan mempromosikanya ke seluruh dunia… Kebetulan foto2 yang saya ambil disini saya upload disini..
    http://www.facebook.com/media/set/?set=a.492892574075779.116691.394315720600132&type=1
    Silahkan di copas sebagai persembahan rasa terimakasih saya kepada Bapak..:)

  2. pareanom says:

    mari kita lestarikan bersama kekayaan budaya nusantara

Leave a Reply