Babaran Cirebon

Di samping pengenalan motif-motif batik, kita mengenali babaran batik. Istilah babaran secara sederhana dapat disepadankan dengan komposisi tata warna atau perpaduan warna.
Pada batik Cirebon dapat dijumpai beberapa jenis babaran seperti:
1. Babaran Biron
2. Babaran Mas
3. Babaran Bang Biru
4. Babaran Soloan
5. Babaran Sogan
6. Babaran Tiganegri
7. Babaran Meteron
8. Babaran Tluki
Uraian di atas sebagai berikut:
1. Babaran Biron
Batik Babaran Biron yang diproses hanya satu kali porodan dan melepaskan lilin dari kain yang disebut Mateng Pisan. Umumnya pada zaman dahulu batik Mateng Pisan ini baru setengah jadi yang pada zaman itu hanya ada dua warna yaitu warna biru muda dan biru tua atau hitam saja, tapi ada pula yang dirancang untuk siap pakai dengan perpaduan warna yang tidak terikat sesuai dengan keinginannya.
2. Babar Mas
Babar Mas ini diproses dua kali porodan dengan tata warna sebagai berikut: warna dasar tipis sedangkan warna ornamen atau motifnya berwaarna biru tua, hitam dan coklat soga, sebagian isen-isen jenis sesek (sempit) diwarnai coklat (pada ornamen hitam).
3. Babaran Bang Biru
Tergolong dua kali porodan, biasanya batik bang Biru ini menampilkan warna dasar putih atau krem, coklat muda (tipis). Sedangkan motifnya berwarna merah, biru, dan sebagian violet kehitaman.
4. Babaran Soloan
Warna dasar batik ini berwarna tua tidak terikat, sedangkan garis kontur dan motif berwarna muda. Babaran ini bisa dibuat satu atau dua porodan.
5. Babaran Sogan
Babaran ini dibuat dengan satu kali porodan sedangkan komposisi warnanya bebas. Namun untuk warna isen-isen harus berwarna coklat soga kecuali isen yang berbentuk titik-titik ini harus putih.
6. Babaran Tiga Negri
Tiga Negri ini diproses dengan tiga kali porodan. Adapun perpaduan warnanya bermacam-macam antara lain merah biru, hijau kuning, violet, dan coklat soga lebih dominan yang dibatasi dengan garis-garis tertentu. Adapun ornamen pokoknya berwarna merah sedangkan dasar kain diberi tambahan.
7. Babaran Meteron
Batik ini dibuat dua kali porodan dengan ornamen pokok bunga-bunga atau buqet, berwarna merah adapun warna dasar kain berwarna putih atau warna-warna tipis lainnya yang dilengkapi dengan ornamen garis atau ukel-ukel yang warnanya coklat soga.
8. Babaran Tluki
Jenis ini menggunakan motif bunga-bunga, daun, barang yang bentuknya kecil-kecil dengan tata merah yang disoga dan dikombinasikan dengan warna hitam, sedangkan warna dasar kain krem atau kuning tipis.
Sharing is fun...
Pin It
Search: babaran batik adalah

About Muha

Batik lover, sometimes writes post at justmuha.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *