Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membatik

Alat & Bahan Untuk Membatik

Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membatik 

a. Sehelai kain putih

Pada awal kemunculannya, kain yang digunakan sebagai bahan batik adalah kain hasil tenunan sendiri. Kain putih import baru dikenal sekitar abad ke-19. sekarang ini anda dapat dengan mudah mendapatkan kain putih dengan harga terjangkau. Jenis kain yang dapat digunakan pun beraneka ragam, dari jenis kain mori sampai jenis sutera. Ukuran pun tidak harus lebar, cukup dengan ukuran kecil.

b. Canting

Canting berfungsi semacam pena, yang diisi lilin malam cair sebagai tintanya. Bentuk canting beraneka ragam, dari yan berujun satu hingga beberapa ujung. Canting yang memiliki beberapa ujung berfungsi untuk membuat titik dalam sekali sentuhan. Sedangkan canting yang berujung satu berfungsi untuk membuat garis, lekukan dan sebagainya. Canting terdiri dari tiga bagian. Pegangan canting terbuat dari bamboo. Terdapat mangkuk sebagai tempat lilin malam, serta ujung yang berlubangsebagai ujung pena tempat keluarnya lilin malam.

c. Lilin malam dan pemanas

Sebelum digunakan, lillin malam harus dicairkan terlebih dahulu dengan cara dipanaskan di atas kompor atau pemanas lain. Lilin malam dalam proses pembuatan batik tulis berfungsi untuk menahan warna agar tidak masuk ke dalam serat kain di bagian yang tidak dikehendaki. Sedangkan bagian yang akan diwarnai dibiarkan tidak ditutupi lilin.

d. Pewarna batik

Pewarna batik yang digunakan setiap daerah berbeda-beda. Pewarna tersebut berasal dari bahan-bahan yang terdapat di daerah tersebut. Di Kebumen misalnya,pewarna batik yang digunakan adalah pohon tom, pohon pace dan mengkudu yang memberi warna merah kesemuan kuning. Di Tegal digunakan pace atau mengkudu, nila, dan soga kayu.

Sharing is fun...
Pin It
Search: sebutkan alat dan bahan untuk membatik, alat dan bahan untuk membatik, alat dan bahan membuat batik, alat dan bahan membatik, alat dan bahan pembuatan batik, bahan untuk membatik, bahan bahan membatik, Bahan dan alat untuk membatik, alat dan bahan batik, bahan membatik

About Muha

Batik lover, sometimes writes post at justmuha.com

10 comments

  1. Sangat bagus, dan sangat membantu bagi yang memerlukan informasi tentang batik

  2. itukan cuma bahannya aja, alatnya mana?

  3. mau tanya nih mas, kalau mau buat batik lukis bisa tidak ya pewarnanya pakai wantek ?

  4. terima kasih atas informasi seputar batik di atas :)

  5. mulailah tanamkan seni batik pada pemuda dan pemudi mulai dari sekarang, agar perkembangan batik tidak terhambat karena pengrajin batiknya sudah tua dan tidak mampu lagi membatik.

  6. aku mau pesen disini bisa tidak? kalo tempat pelatihan membatik dimana ya?

    • Silahkan, atau bisa hubungi kami di line telp. (0231)322127. WA: 082214747137. atau berkunjung ke tempat kami. di Jalan Buyut Trusmi no. 5 Trusmi- Plered-Cirebon.(Seberang Koperasi Batik Budi Tresna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>